Penanda tanganan MoU Kelas Industri Teknik Audio Video SMKN 1 Adiwerna dengan PT. TOA Galva Industries

Pada hari Rabu, 17 Maret 2021 telah dilaksanakan perjanjian kerja sama SMKN 1 Adiwerna dengan PT. TOA galva Industries di Depok, Bogor. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah lama dijalin antara SMKN 1 Adiwerna dengan PT. TOA galva Industries. Rombongan SMKN  Adiwerna terdiri dari 4 orang yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Bpk. Muktarom, S.Pd. Sehari sebelum berangkat ke PT. TOA galva Industries peserta kegiatan diwajibkan melakukan rapid tes Covid 19 dengan hasil negatif dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan selama di lingkungan PT. TOA galva Industries. Sebenarnya PT. TOA galva Industries sudah merencanakan untuk berkunjung ke SMKN 1 Adiwerna pada pertengahan bulan Januari 2021. Akan tetapi dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa – Bali saat itu, rencana kemudian diubah yaitu SMKN 1 Adiwerna mengirimkan perwakilan ke PT. TOA galva Industries.

Rombongan SMKN 1 Adiwerna sampai di PT. TOA galva Industries pukul 12.30. Setelah istirahat dan pengecekan persyaratan untuk masuk ke PT. TOA galva Industries rombongan disambut Divisi Umum Bpk. Sri Mulyanto. Bpk. Muktarom, S.Pd kemudian menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan dari SMKN  1 Adiwerna. Bpk. Muktarom, S.Pd menjelaskan pentingnya kelas industri bagi SMK. PT. TOA galva Industries yang mempunyai jejaring kerja sama global dan pengalaman lama di bidang industri elektronika audio video dirasa sangat relevan dan mumpuni untuk memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidik. Dengan demikian nilai-nilai dan budaya kerja di industri dapat diserap dan diterapkan di SMKN 1 adiwerna sehingga nantinya alumni kompetensi sesuai standar industri.

Bapak Sri Mulyanto kemudian sambutannya. Pandemi covid 19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun berdampak besar bagi industri. Banyak terjadi perampingan usaha dan pengurangan tenaga kerja. PT. TOA Galva Industries mempunyai tenaga kerja lebih kurang 850 di plant Depok. Dalam kondisi normal jumlah siswa SMK yang melaksanakan praktek kerja lapangan atau prakerin berkisar antara 100 sampai 150 siswa yang mayoritas didominasi dari SMK-SMK di Jawa Tengah. Selama ini siswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan di PT. TOA Galva Industries dirasa sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Perlu adanya peningkatan pendidikan karakter bagi siswa. Untuk silabus dan RPP kelas industri akan dibicarakan pada waktu yang akan disepakati. Acara kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan perjanjian kerja sama.

Penanda tanganan perjanjian kerja sama atau memorandum of understanding dari pihak PT. TOA Galva Industries dilakukan oleh Bpk. Asep Saleh selaku Manager. Sebelum melakukan penanda tanganan Bpk. Asep Saleh berkenan memberikan arahan tindak lanjut. Nantinya selain praktek kerja lapangan atau prakerin bagi siswa SMKN 1 Adiwerna, kegiatan lain yang didukung antara lain penyelarasan kurikulum sesuai standar industri, guru tamu, uji kompetensi bagi guru dan siswa serta pemagangan bagi guru. Hal yang sangat disyukuri adalah bahwa PT. TOA Galva Industries tetap memberikan gaji penuh pada karyawan selama masa pandemi Covid 19. Harapannya sesudah pandemi berakhir PT. TOA Galva Industries akan memberikan kunjungan balasan ke SMKN 1 Adiwerna.

Setelah diskusi yang memakan waktu hampir 3 jam, rombongan dari SMKN 1 Adiwerna pamit untuk meneruskan perjalanan. Sebelum bertolak kembali ke Tegal rombongan menyempatkan berkunjung ke BPM Autoworkd I daerah Tambun, Bekasi. Workshop otomotif tersebut dikelola oleh Bpk Nuridin, alumni teknik otomotif SMKN 1 Aidwerna tahun 1999. Dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang didapat selama puluhan tahun bekerja di dunia otomotif, beliau kemudian membuka usaha bengkel mobil. Hampir  semua merk mobil dapat diperbaiki di bengkelnya. Yang paling dominan merk mobil Proton dan Mitsubishi. Omset perusahaan juga sudah sangat lumayan. Dalam sebulan minimal 50 unit mobil yang diperbaiki. Dulu sebelum pandemi Covid 19 bahkan pernah mencapai 100 unit sebulan. Ke depan bengkel tersebut juga akan menerima praktek kerja lapangan atau prakerin bagi siswa kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan dari SMKN 1 Adiwerna. Cukup sekian tullisan singkat dari kami.

#MitrasDUDI

#KamiVokasi

#SalamAdbJuara

#HumasAdb

#KelasIndustriTAV-TOAapa