"Briliaso" Produk Unggulan SMKN 1 Adiwerna Di Incar Pengusaha Sentra Pembuatan Tahu di Adiwerna

Bahan bakar minyak keberadaannya semakin lama semakin berkurang, masyarakat cenderung mencari bahan bakar alternatif untuk menanggulangi kelangkaan bahan bakar, baik bahan bakar yang berasal dari minyak bumi maupun yang berasal dari batu bara, listrik dan nuklir. Pada penelitian ini penulis membuat suatu kajian tentang energi panas dan energi cahaya alternatif yang berasal dari limbah kertas yang dicampur dengan limbah oli bekas untuk dijadikan briket. Produk yang penulis buat ini dapat mengoptimalkan limbah kertas yang cukup banyak disekitar kita untuk menjadi briket dan dapat juga sebagai sumber panas atau bahan bakar alternatif pengganti minyak tanah dan arang.
Kertas tidak pernah jauh dari kegiatan kita sehari-hari rata-rata setiap hari kita melihat dan memakai kertas. Kerusakan yang ditimbulkan akibat dari pemakaian kertas tiap hari cukup besar. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama tentang fakta dari kertas dan dampak pembuatan kertas terhadap lingkungan kita, antara lain :

  1. Setiap tahun hutan Indonesia yang hilang setara dengan luas Pulau Bali.
  2. Satu rim kertas A4 menghabiskan sebatang pohon berusia 5 tahun.
  3. Untuk kertas berkualitas baik, memerlukan pohon dengan kayu keras dan lunak.
  4. Jika kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita juga menghemat 13 batang pohon besar, 400 liter minyak, 4.100 Kwh listrik dan 31.780 liter air.
  5. Suatu lahan pepohonan kayu keras setinggi 4 kaki panjang 4 kaki dan lebar 8 kaki dapat menghasilkan 942.100 halaman buku atau setara dengan 4.384.000 perangko atau setara dengan 2.700 eksemplar koran.
  6. Untuk memproduksi 3 lembar kertas membutuhkan 1 liter air.
  7. Untuk memproduksi 1 kilogram kertas membutuhkan 324 liter air.
  8. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan kurang lebih 72.200 liter limbah cair dan 1 ton limbah padat.
  9. Dulu kertas hanya digunakan untuk menulis, sekarang industri Packaging menggunakan 41% dari seluruh penggunaan kertas, sehingga beberapa fakta tentang produksi kertas, bagaimana kertas dibuat dan energi apa yang dihabiskan dalam pembuatan kertas.

Jika kita bisa menghemat pemakaian kertas, kita dapat mengurangi kerusakan lingkungan. Untuk itu kita perlu juga mengadakan daur ulang kertas agar kertas tidak merusak lingkungan sekitar kita. Karena di bengkel Teknik Gambar Bangunan jugabanyak limbah kertas maka kami mendaur ulang
limbah kertas tersebut menjadi energi panas dan energi cahaya alternatif. Selain itu untuk oli juga didapatkan dari limbah pada bengkel jurusan teknik kendaraan ringan. Briket ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam rumah tangga. Biasanya ibu rumah tangga menggunakan gas LPG, kompor minyak, dan kayu bakar untuk memasak. Memasak dengan bahan bakar briket kertas ini api menyala tidak kalah besar dengan kompor minyak, sehingga memasak dengan menggunakan briket kertas dapat digunakan sebagai bahan bakar alternative sebagai hasil daur ulang limbah kertas. Pembuatan briket kertas ini juga dapat mengurangi efek pencemaran yang ditimbulkan oleh minyak, karena salah satu bahan pembuatnya dari limbah oli bekas. Oli bekas biasanya dibuang oleh penduduk ke selokan atau ke tanah, hal ini dapat mencemari air dan tanah karena sifatnya sebagai lemak jenuh sulit untuk diuraikan.

Prospek Pengembangan Produk
Saat ini Brilliaso telah dipakai di Home Industri Pembuatan Tahu sebagai bahan bahan pada proses pembuatan tahu di Daerah Pesarean Tegal sekitarnya. Para pengrajin ini sangat terbantu dan lebih memilih produk Brilliaso dikarenakan hasilnya lebih tahan lama dibandingkan Kayu Bakar. Serta dampak
yang dihasilkannya adalah pemanfaatan limbah Kertas yang saat ini kurang termanfaatkan.

Share this post

Kesalahan | SMKN 1 Adiwerna

Kesalahan

Situs web mengalami kesalahan tak terduga. Silahkan coba lagi nanti.