Sukses Buat Alat Deteksi banjir, Bernika dan Nifan Juarai Lomba Gelar Produk Nasional

Rangkaian acara dalam E-Comp Festifal adalah Lomba Produk Unggulan di tingkat Nasional. Lomba ini sudah dibuka pendaftarannya, dan puncaknya adalah tanggal 9 Agustus 2018 ini untuk masing-masing kelompok mendisplaykan produknya di depan Gedung D (Gedung Rektorat Politeknik Harapan Bersama), dengan HIMAPRODI sebagai penggerak acara ini dan Dosen Prodi DIII Teknik Komputer sebagai fasilitator acara ini. Lomba ini diikuti oleh 24 peserta, tetapi yang hadir pada acara puncak ada 16 peserta diantaranya dari mahasiswa Politeknik Harapan Bersama, Universitas Telekomunikasi Bandung, Universitas Wahid Hasyim Semarang, SMK N 1 Slawi, SMK N 1 Demak, SMK N 1 Adiwerna, SMK Al Ikhlas Banjarharjo dan SMK N 1 Adiwerna. Juri pada perlombaan ini adalah Pembicara 2 dan 3 ( Hendra Kusumah,M.Kom dan Tobi Muhamad, amd.Kom) dan dari pihak Pemda/BAPPEDA diwakili oleh Bapak Heri Prihanto,Amd dan Bapak Andika, dan dari DisdukCapil Kota Tegal diwakili oleh Bapak Rosyid Mustofa,M.Kom. 

Produk yang dibuat siswa-siswi dari SMKN 1 Adiwerna adalah Automatic Floods Information System (AFIS) Sistem Informasi Bencana Banjir Secara Otomatis Berbasis IoT yang dibuat oleh Bernika Irnadianis Iffada dan M.Nivan Burhanudin dengan Pembimbing Verawati Sanjoyo S.Pd telah sukses Menjuarai gelaran kompetisi ini bersaing dengan Tingkatan Mahasiswa dan SMK Lainna Se Pulau Jawa. 

Cara Kerja AFIS adalah dengan menggunakan Sensor PING untuk mendeteksi Muka Air dan melalui sistem tertanam NodeMCU akan mengirimkan data secara Realtime ke AFIS Cloud Service. Dari data ini kemudian akan dipublish melalui twitter @AFIS_ID. Dari informasi ini maka masyarakat akan secara dini mendapatkan informasi yang akurat dan diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan dari bencana Banjir.

Share this post

Kesalahan | SMKN 1 Adiwerna

Kesalahan

Situs web mengalami kesalahan tak terduga. Silahkan coba lagi nanti.